KUNJUNGAN DAN PEMBINAAN DIRJEND DUKCAPIL KEMENDAGRI DI DISDUKCAPIL TRENGGALEK

             Trenggalek – Dalam rangkaian safari kunjungan dan pembinaan administrasi kependudukan, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, MH, Dirjend. Dukcapil Kemendagri, melaksanakan kunjungan dan pembinaan terhadap aparatur penyelenggara administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek. Kunjungan dan pembinaan dilaksanakan pada Hari Jum’at, tanggal 1 Maret 2019.

            Sebagai rangkaian pembinaan yang dikemas secara santai tetapi serius, Djoko Wasono, SH, MM, Kepala Disdukcapil Trenggalek dalam sambutan pembuka menyampaikan salam selamat datang dan uraian kondisi umum Kabupaten Trenggalek termasuk capaian pelayanan dan penyelenggaraan administrasi kependudukan, termasuk beberapa kendala yang dialami Disdukcapil Trenggalek dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan.

              Selanjutnya Dirjend Dukcapil dalam suasana yang penuh kekeluargaan memberikan pengarahan dan petunjuk berkenaan dengan perbaikan dalam pelayanan dan penyelenggaraan administrasi kependudukan Disdukcapil Trenggalek. Penyelenggaraan administrasi kependudukan harus benar-benar memperhatikan kepentingan masyarakat. Pelayanan dokumen kependudukan harus dipermudah dan tidak diskriminatif dalam koridor peraturan perundang-undangan yang mengaturnya. Pembinaan terhadap petugas pelayanan harus senantiasa dilaksanakan secara simultan dan berjenjang.

              Selain memberikan pengarahan dan petunjuk, Dirjend Dukcapil juga mendengarkan dan menerima berbagai aspirasi dari aparatur penyelenggara adminitrasi kependudukan di lingkup Disdukcapil Trenggalek. Pada kesempatan tersebut, penyelenggara administrasi kependudukan di Disdukcapil Trenggalek mengungkapkan berbagai aspirasi dan harapan diantaranya kemudahan distibusi blangko KTP-el, integrasi SIAK dengan SIMKAH dan sebagainya.

              Pada akhir kunjungan dan pembinaan di Disdukcapil Trenggalek, Dirjend Dukcapil Kemendagri memantau proses pelayanan dokumen kependudukan dan langsung wawancara dengan penduduk pemohon. Dirjend Dukcapil minta tanggapan dan masukan penduduk berkenaan dengan pelayanan dokumen kependudukan yang dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek.

              Setelah beberapa waktu dan dianggap cukup, selanjutnya Dirjend Dukcapil Kemendagri melanjutkan safari kunjungan dan pembinaan administrasi kependudukan ke Disdukcapil Ponorogo. (Reu).