DISPENDUKCAPIL TRENGGALEK “IN ACTION” PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DALAM RANGKAIAN TMMD KE 98 TAHUN 2017 DI DESA JOMBOK KECAMATAN PULE KABUPATEN TRENGGALEK

               Trenggalek – TNI Manunggal Membangun Desa atau yang lebih dikenal sebagai TMMD merupakan salah satu wujud operasi bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan departemen, lembaga pemerintah non departemen dan pemerintah daerah serta komponen lainnya, yang dilaksanakan secara integral bersama masyarakat untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan serta membangun persatuan dan kesatuan Bangsa dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

               Di Kabupaten Trenggalek, TMMD ke 98 tahun 2017 dilaksanakan di Desa Jombok Kecamatan Pule. Berbagai kegiatan bidang bhakti dari berbagai lembaga dilaksanakan termasuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek.

               Ucapan terima kasih kepada koordinator TMMD atas waktu dan kesempatan yang diberikan untuk turut serta berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan TMMD ke 98 tahun 2017 di Kabupaten Trenggalek.

Dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek turut berpartisipasi aktif dalam rangkaian kegiatan TMMD ke 98 tahun 2017. Bertempat di Balai Desa Jombok Kecamatan Pule, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek pada hari Rabu 26 April 2017 menyelenggarakan Pelayanan administrasi kependudukan, antara lain : perekaman biometrik KTP el, Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan KTP el.

          Kehadiran Tim Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ternyata sangat dinantikan masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme masyarakat yang telah lama hadir dan menunggu di balai desa. Hal ini juga membuktikan telah meningkatnya kesadaran masyarakat akan arti penting tertib administrasi kependudukan baik bagi masyarakat sendiri maupun bagi pemerintah.

Dalam sehari pelaksanaan pelayanan, Tim Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek berhasil melayani 209 (dua ratus sembilan) orang, dengan rincian :

  1. Pengurusan Kartu Keluarga :   73 orang
  2. Pengurusan KTP el                :   91 orang
  3. Pengurusan Akta kelahiran  :   10 orang
  4. Pengurusan Akta kematian  :     9 orang
  5. Perekaman biometrik            :   26 orang

Selanjutnya dalam pelayanan penerbitan dokumen kependudukan dalam satu hari selesai (one day service) dapat dilayani:

  1. Penerbitan Kartu Keluarga  : 64 Kartu Keluarga
  2. Penerbitan Akta kelahiran   : 10 akta
  3. Penerbitan Akta Kematian   : 10 akta

               Terkurasnya tenaga terbayarkan dengan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Tim Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek. Berbagai respon dan tanggapan positif masyarakat dilontarkan dengan iringan harapan pada waktu yang lain juga dilaksanakan pelayanan administrasi kependudukan di Desa Jombok Kecamatan Pule.

               Terima kasih dan penghargaan disampaikan Bp. Ir. Ekanto Malipurbowo, MM, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek kepada Tim Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada umumnya dan khususnya yang baru saja bertugas melayani masyarakat dalam rangkaian TMMD ke 98 tahun 2017 di Desa Jombok Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek. Tetap semangat kawan. Bhaktimu ditunggu masyarakat. (Reu)