Layanan Call Centre Kesehatan 0355-791119 Sudah Aktif

Berita Daerah – Kabupaten Trenggalek temasuk menjadi salah satu kabupaten yang memiliki layanan Call Centre kesehatan 24 jam di Indonesia, membuat Dr Emil Elestianto Dardak M.Sc, Bupati Trenggalek memantau keberadaan layanan ini. Seperti yang dilakukannya saat meninjau posko mudik lebaran, kemarin Selasa malam 05 Juli 2016. Tanpa berkoordinasi degan pihak manapun Bupati Trenggalek langsung menghubungi call centre yang ada. Hasilnya cukup memuaskan, Bupati dapat dengan mudah menghubungi serta mendapatkan informasi tentang kesehatan.

Pada kesempatan ini, Bupati Trenggalek menyampaikan, saya tadi menelephone nomor pelayanan darurat 791119 atau kode areanya 0355 dan nomor telephonenya 791119, untuk mencoba melakukan pengecekan layanan tersebut apakah memang benar-benar siaga atau tidak. Saya ingin mengetahui apakah call centre layanan darurat 24 jam ini benar-benar ada yang menjaga atau tidak. Saya tidak melakukan koordinasi, lalu saya mencoba menghubungi. Ternyata benar terjaga, diujung telephone ada bidan yang bernama Astrid yang baru saja direkrut oleh Dinas Kesehatan.”, Ujarnya

Saat itu bidan tersebut sedang stanby berjaga. Saya tanya mengengenai ketersediaan fasilitas kesehatan kepadanya. Ternyata bisa langsung dicek, ditanya posisi saya di mana, saya bilang posisi saya di Kota. Dia langsung cek keadaan fasilitas di RSUD dr. Soedomo, di paviliun ada berapa kamar maupun fasilitas lain bisa dengan mudah dilakukan pengecekan. Disampaikan kepada saya masih ada lebih dari 15 kamar yang tersedia, sehingga bila terjadi sesuatu saya dapat dengan mudah mendapatkan pelayanan kesehatan tersebut.” ungkapnya.

Mudah-mudahan dengan mudahnya mengakses informasi kesehatan melalui call centre pelayanan kesehatan terhadap masyarakat dapat semakin meningkat. Pasalnya Trenggalek termasuk salah satu dari 27 Kabupaten yang mempunyai layanan ini se-Indonesia.”, imbuhnya.