DENGAN GEDUNG BARU DISPENDUKCAPIL KABUPATEN TRENGGALEK BERTEKAD MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT

Trenggalek – Tertib dokumen dan data kependudukan semakin terasa manfaatnya bagi masyarakat. Hal ini terjadi karena pemerintah secara bertahap terus berbenah dan memperbaiki administrasi kependudukan yang diiringi dengan lembaga-lembaga pelayanan publik menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai basis pelayanan. Penduduk rela antri dan berjubel untuk mendapatkan pelayanan dokumen dan / atau data kependudukan.

Merespon antusiasme masyarakat yang kian hari semakin banyak yang secara sadar menertibkan dokumen dan/ atau data kependudukannya, maka Pemerintah Kabupaten Trenggalek juga terus berbenah memperbaiki sarana dan prasarana pelayanan administrasi kependudukan.  Dalam Tahun Anggaran 2016, telah dibangun gedung baru untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek. Akhir Tahun Anggaran 2016, gedung telah selesai dibangun dan siap dimanfaatkan. Apabila dilihat kondisi gedung  yang baru saja dibangun, dirasa lebih layak untuk pelaksanaan pelayanan masyarakat. Ruang tunggu lebih luas, nyaman dan ber-AC. Parkir lebih  lebar dan dapat menampung kendaraan pemohon lebih banyak.

Mulai Januari 2016, operasional pelayanan dokumen kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek dilaksanakan di gedung baru yang beralamatkan di Jalan Brigjend. Soetran Nomor 17 Trenggalek. Dengan suasana kerja yang lebih nyaman di gedung baru, menaruh harapan pada semakin meningkatkan motivasi seluruh keluarga besar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek untuk terus berbenah, meningkatkan ketrampilan dan kemampuan yang pada gilirannya berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat dalam penertiban dokumen dan/ atau data kependudukannya.

Berbagai inovasi dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek, antara lain :

  1. Pelayanan Keliling dan cetak di tempat
  2. “One Day Service” pelayanan satu hari langsung jadi
  3. Perekaman biometerik keliling dan jemput bola
  4. Pembuatan Website dalam rangka pelayanan informasi
  5. SMS Gateway(reu)