KTP ELEKTRONIK BERLAKU SEUMUR HIDUP

Trenggalek –Pasal 6 ayat (7) huruf a Undang-Undang Nomor Nomor 23 Tahun 2006 sebagaimana diubah dengan 24 Tahun 2013 mengamanatkan bahwa KTP-el untuk Warga Negara Indonesia masa berlakunya seumur hidup. Selanjutnya dalam pasal 101 huruf c ini diamanatkan bahwa KTP-el yang sudah diterbitkan sebelum Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 ditetapkan seumur hidup.

 

Dengan demikian, KTP-elektronik yang diterbitkan sejak tahun 2011 berlaku seumur hidup, dan tidak perlu diperpanjang walaupun habis masa berlakunya.

Lebih lanjut Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, pada tahun 2016 menegaskan dengan menerbitkan dua surat edaran menyikapi masa berlaku KTP elektronik (KTP-el), yaitu :

Pertama, Surat Edaran Nomor 470/295/SJ tanggal 29 Januari 2016 perihal KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, yang ditujukan kepada para Menteri Kabinet Kerja dan para pimpinan lembaga non kementerian.

Kedua, Surat Edaran Nomor 470/296/SJ dengan tanggal dan perihal yang sama, yang ditujukan kepada para Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia.

Berdasarkan hal tersebut, Ir. Ekanto Malipurbowo, MM Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek, menghimbau kepada berbagai lembaga pelayanan publik pengguna untuk memperhatikan ketentuan dimaksud. Dengan demikian dalam setiap proses pelayanan kepada masyarakat agar tidak mensyaratkan perpanjangan masa berlaku KTP-el. Namun, apabila kondisi fisik KTP el sudah rusak, hilang atau ada perubahan elemen data maka masyarakat untuk sementara ini akan diterbitkan Surat Keterangan Pengganti KTP el sampai dengan tersedianya blangko KTP el….. (zoe)